ilmu komunikasi

Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.
Komunikasi secara terminologis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia. Karena itu merujuk pada pengertian Ruben dan Steward(1998:16) mengenai komunikasi manusia yaitu:
Human communication is the process through which individuals –in relationships, group, organizations and societies—respond to and create messages to adapt to the environment and one another. Bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.


B.PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
Apa itu istilah komunikasi?


Halaman 1
Istilah komunikasi berasal dari kata LatinCommunicare atau Communis yang berarti sama atau menjadikan milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan orang lain, berarti kita berusaha agar apa yang disampaikan kepada orang lain tersebut menjadi miliknya.
Komunikator pesankomunikan
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator
kepada komunikan melalui media terrtentu untuk menghasilkan
efek /tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik.

Beberapa definisi komunikasi adalah:
1. Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti/makna yang perlu
dipahami bersama oleh pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi (Astrid).
2. Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang
pikiran atau perasaan (Roben.J.G).
3. Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain
(Davis, 1981).
4. Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)
5. Komunikasi adalah penyampaian dan memahami pesan dari satu orang kepada orang lain,
komunikasi merupakan proses sosial (Modul PRT, Lembaga Administrasi)
6. Menurut Dosen: Ade Chandra, S.Sos. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan darikomunikator kepada komunikan melalui media terrtentu untuk
menghasilkan efek /tujuan dengan mengharapkan feedback
atau umpan balik. Itu semua pendapat pendapat orang terkemuka jadi kesimpulan dalam semua pendapat itu komunikasi adalah penyampaian dari satu ke tempat yang lain hingga dapat di pahami.





Halaman 2
C. Komponen-komponen komunikasi
a. Komunikator/Penyampai pesan/Sumber/Source
Semua proses komunikasi berasal dari sumber, yang dapat
berupa
perorangan , jika dalam komunikasi individual atau
antar perorangan, atau seorang dengan beberapa
orang
Suatu lembaga atau organisasi, atau orang yang
dilembagakan (komunikasi dengan media massa)

b. Pesan/Message
Unsur pesan meliputi semua materi atau isi yang
dikomunikasikan antara pihak-pihak yang terlibat dalam
proses komunikasi, baik yang disampaikan secara verbal
maupun non verbal., baik secara langsung maupun tidak
langsung (melalui media massa misalnya)
Pesan dapat berupa:
pesan verbal, misalnya: bahasa/kata-kata lisan atau
tertulis
pesan non verbal, misalnya: isyarat, gambar, warna
pesan paralinguistik, misalnya: kualitas suara, tekanan
suara(tinggi rendah nada bicara), kecepatan suara,
vokalisasi

c. Saluran/Media/Channel
Unsur saluran merupakan sarana tempat pesan yang
disampaikan sehingga bisa diterima dan dimaknai oleh
komunikan.
Misalnya: media massa (surat kabar, majalah, televisi,
radio dll.) telepon, surat,




Halaman 3
d. Komunikan/Penerima pesan/Receiver
Unsur penerima merupakan sasaran dari komunikasi, bisa
terdiri dari seseorang atau beberapa orang atau suatu
lembaga/organisasi

e. Tujuan/Destination/Efect
Efek merupakan hasil dari suatu kegiatan komunikasi,
merupakan tujuan dari peserta-peserta di dalam proses
komunikasi

f. Umpan Balik/Feedback
Feedback merupakan tanggapan atas pesan komunikan
apabila tersampaikan atau disampaikan kepada
komunikator

g. Gangguan/Noise
Gangguan tak terncana yang terjadi dalam proses
komunikasi sebagai akibat pesan yang diterima komunikan
berbeda dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator
kepada komunikan.
Misalnya: perkuliahan yang terganggu akibat ada pesawat
terbang yang melintas rendah di atas kelas
D. TUJUAN KOMUNIKASI
 menjabarkan tujuan penggunaan proses komunikasi secara spesifik sebagai berikut:
1. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
                                                                       


Halaman 4
2. Mempengaruhi perilaku seseorang  
3. Mengungkapkan perasaan
4. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain
5. Berhubungan dengan orang lain
6. Menyelesaian sebuah masalah
7. Mencapai sebuah tujuan
8. Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik
9. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain
E. PROSES KOMUNIKASI
Komunikasi merupakan suatu proses yang mempunyai komponen dasar sebagai berikut :
Pengirim pesan , penerima pesan dan pesan
Semua fungsi manajer melibatkan proses komunikasi. Proses komunikasi
Materi pesan dapat berupa :
a. Informasi
b. Ajakan
c. Rencana kerja
d. Pertanyaan dan sebagainya
Gangguan
Gangguan
Balikan
Pengirim pesan adalah orang yang mempunyai ide untuk disampaikan kepada seseorang dengan harapan dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya. Pesan adalah informasi yang akan disampaikan atau diekspresikan oleh pengirim pesan. Pesan dapat verbal atau non verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas






Halaman 5
  • Proses komunikasi secara primer
Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang (symbol) sebagai media. Lambang sebagai media primer dalam proses komunikasi adalah pesan verbal (bahasa), dan pesan nonverbal (kial/gesture, isyarat, gambar, warna, dan lain sebagainya) yang secara langsung dapat/mampu menerjemahkan pikiran dan atau perasaan komunikator kepada komunikan.
  • Proses komunikasi sekunder
Proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama

101 steps to having a good relationship

101 Most Romantic/Passionate/SweetThings To Do For Your
Girlfriend/Boyfriend

(101 steps to having a good relationship)

1. Watch the sunset together.
2. Take showers together.
3. Back rubs/massages.
4. Listen to classical music and cuddle in the dark or
w/ blacklight.
5. French Kiss.
6. Hold her w/ hands inside the back of her shirt.
7. Whisper to each other.
8. Cook for each other.
9. Skinny dip.
10. Make out in the rain.
11. Dress each other.
12. Undress each other.
13. Kiss every part of their body.
14. Hold hands.
15. Sleep together. (Actually sleep with each other, not sex)
16. One word * Foreplay
17. Sit and talk in just underwear.
18. Buy gifts for each other.
19. Roses.
20. Find out their favorite cologne/perfume and wear it every time you're
together.
21. Wear his clothes.
22. Find a nice secluded place to lie and watch the stars.
23. Incense/candles/oils/blacklights and music make for great cuddling/sex.
24. Kiss at every chance you get.
25. Don't wear underwear and let them find out.
26. Kinky is bad, Blindfolds are good.
27. Lightly kiss their collarbone and their jawbone just below the ear,
then whisper I love you.
28. Bubble baths.
29. Go for a long walk down the beach at midnight.
30. Make love.
31. Write poetry for each other.
32. Kiss/smell her hair.
33. Hugs are the universal medicine.
34. Say I love you, only when you mean it and make sure they know you mean
it.
35. Give random gifts of flowers/candy/poetry etc.
36. Tell her that she's the only girl you ever want. Don't lie.
37. Spend every second possible together.
38. Tell her that she doesn't have to do anything she doesn't want to. And
mean it.
39. Look into each other's eyes.
40. Very lightly push up her chin, look into her eyes, tell her you love
her, and kiss her lightly.
41. Talk to each other using only body language and your eyes.
42. When in public, only flirt w/ each other.
43. Walk behind her and put your hands in her front pockets.
44. Put love notes in their pockets when they aren't looking.
45. Clothes are no fun.
46. Buy her a ring.
47. Keep one of her bras somewhere where you see it everyday.
48. Sing to each other.
49. Read to each other.
50. PDA = Public Display of Affection.
51. Take advantage of any time alone together.
52. Tell her about how you answered every question in math with her name.
53. Draw. (If you can)
54. Let her sit on your lap.
55. Go hiking and camp out together in the woods or on a mountain.
56. Lips were made for kissing. So were eyes, and fingers, and cheeks, and
collarbones, and hands, and ears.
57. Kiss her stomach.
58. Always hold her around her hips/sides.
59. Guys like half-shirts.
60. Take her to dinner and do the dinner for two deal.
61. Spaghetti (Ever see Lady and the Tramp?)
62. Hold her hand, stare into her eyes, kiss her hand  and then put it over
your heart.
63. Unless you can feel their heart beating, you aren't close enough.
64. Dance together.
65. Sit in front of a roaring fire and make out/make love.
66. I love the way a girl looks right after she's fallen asleep with her
head in my lap.
67. Carry her to bed.
68. Waterbeds are fun.
69. You figure it out.
70. Do cute things like write I love you in a note so that they have to
look in a mirror to read it.
71. Break every one of your parent's relationship rules for them.
72. Make excuses to call them every 5 minutes
73. Even if you are really busy doing something, go out of your way to call
and say I love you.
74. Call from your vacation spot to tell them you were thinking about them.
75. Remember your dreams and tell her about them.
76. Ride your bike 8 miles just to see them for a few hours.
77. Ride home and call them.
78. Tell each other your most sacred secrets/fears.
79. Somehow incorporate them into any kind of religion or worship you have.
80. Be Prince Charming to her parents. (Brownie Points)
81. Act out mutual fantasies together. (Not necessarily sexual)
82. Brush her hair out of her face for her.
83. Stay up all night to think of 101 ways to be sweet to them.
84. Hang out with his/her friends. (more brownie points)
85. Go to church/pray/worship together.
86. Take her to see a romantic movie and remember the parts she liked.
87. Cuddle together under a full moon on a clear night.
88. Learn from each other and don't make the same mistaketwice.
89. Everyone deserves a second chance..u know who u r.....
90. Describe the joy you feel just to be with him/her.
91. Make sacrifices for each other.
92. Really love each other, or don't stay together.
93. Write a fictional story about how you met/fell in love, etc. and give
it to them.
94. Let there never be a second during any given day that you aren*t
thinking about them, and make sure they know it.
95. Love yourself before you love anyone else.
96. Learn to say sweet things in foreign languages.
97. Dedicate songs to them on the radio.
98. Fall asleep on the phone with each other.
99. Sleep naked together.
100. Stand up for them when someone talks trash.
101. Never forget the kiss goodnight. And always remember to say,"Sweet
dreams." !CAUGHT YOU!

You are now loved by this chain letter! You have to send this to 5 people
in the next 5 minutes.... or u will have bad luck in love for 5 years! So
send away!!
If you send to:
5 people- You will find the man/lady of your dreams!
10 people- The man/lady of your dreams will ask u out!
15 people- U will date him/her 4 a long long time!
20 people- U will marry him/her!  >>

Warna Rambut Cewek Menentukan Tingkat Kesetiaannya

Warna Rambut Cewek Menentukan Tingkat Kesetiaannya

Bila orang Amerika lebih menyukai wanita berambut blonde, maka orang Inggris justru lebih menyukai wanita dengan rambut merah. Blonde bagi orang Amerika terkesan lebih seksi, sedangkan merah terkesan agak bitchy. Sedangkan orang Inggris justru berpendapat sebaliknya. Yang jelas, Anda harus berhati-hati dengan cewek yang suka "gonta-ganti" warna rambut. Kenapa?


 Itu memang lebih ke soal selera. Tapi tahu nggak, kecenderungan mengubah warna rambut itu berkaitan dengan sifat dan kepribadian seseorang. "Hal ini terkait dengan tingkat kejujuran dan kesetiaan seseorang," demikian kesimpulan Dermoline, produsen alat-alat perawatan rambut dari Italia, yang melakukan studi ini.

Dalam bagian lain, Dermoline menyimpulkan bahwa wanita yang gemar mengubah warna rambut, cenderung suka berbohong dan memiliki tingkat kesetiaan yang rendah terhadap kekasihnya. Dermoline juga menyimpulkan bahwa wanita yang memilih warna rambut merah (bernuansa merah), hampir bisa dipastikan memiliki kegemaran berbohong dan sangat tidak setia.

 "Wanita dengan rambut copper-red (merah tembaga) atau yang sengaja mengecat rambutnya dengan warna-warna merah, misalnya, memiliki tingkat percaya diri yang tinggi dan mempunyai keinginan berselingkuh yang kuat," tulis Dermoline. "Semua warna merah berbahaya. Sebaliknya, warna blonde atau coklat, justru lebih setia." Kok bisa?

Bisa jadi demikian. Menurut seksolog asal Italia, Willy Pasini, keinginan mengubah warna rambut itu biasanya berkaitan dengan usaha untuk menyembunyikan kekurangan diri dan menutupi bagian tubuh yang dianggap kurang menarik. "Ngomong-ngomong soal warna, warna merah itu berkaitan dengan gejolak hati yang panas, sedangkan warna blonde dan coklat lebih tenang dan elegan," kata Pasini.

Bagi para wanita, hati-hatilah memilih warna. Kecuali Anda tidak keberatan menyandang gelar sebagai wanita berbahaya. Ada baiknya juga memperhatikan sisi kesehatan, kerena Cat Rambut Menyebabkan Kanker Kandung Kemih! (imaulana)

8 Keterampilan Paling Dicari Perusahaan

8 Keterampilan Paling Dicari Perusahaan

Menurut sebuah penelitian, paling tidak ada 8 keterampilan yang paling dibutuhkan perusahaan. Apakah Anda memiliki salah-satunya?


Selain nilai akademis tinggi, masa depan karir anda juga ditentukan oleh keterampilan yang dimiliki. Tapi, tak sedikit perusahaan yang lebih mengutamakan keterampilan ketimbang indeks prestasi pelamar kerja. Sebelum terlambat, ada baiknya Anda mengasah keterampilan di bidang-bidang berikut ini:

Bahasa asing
Menuju era globalisasi, penguasaan bahasa asing menjadi syarat mutlak rekruitmen pada setiap perusahaan. Karena itu, paling tidak Anda harus menguasi salah satu bahasa asing seperti Inggris, Jepang, China, Jerman dan Perancis. Bidang kerja spesifik yang masuk kategori ini misalnya penterjemah, diplomat dll.

Teknis mesin
Keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan, kemajuan dan kontinuitas produksi. Bagian instalasi jaringan listrik dan elektronik, banyak dicari. Dengan spesialisai khusus, keterampilan ini bisa mengisi posisi di bidang teknologi telekomunikasi, otomotif, transportasi, dll.

SDM
Perusahaan yang memiliki karyawan lebih dari satu orang, tentu membutuhkan orang yang bisa melakukan interaksi timbal balik dengan baik. Sukses sebuah perusahaan sangat bergantung pada interaksi tersebut, yang dimotori oleh orang yang memahami kebutuhan karyawan.

Programmer komputer
Perusahaan kini tengah menuju pada pemerataan sistem komputerisasi untuk meningkatkan efektivitas dan daya saing. Itulah sebabnya, mereka membutuhkan orang-orang yang mengerti secara detil seluk beluk program komputer. (Lanjut, klik disini... )


Mengajar
Banyak perusahaan menggaji pengajar khusus untuk meberikan kursus tambahan bagi karyawannya, misalnya perpajakan, bisnis manajemen, pelayanan sosial atau manajemen administrasi. Mereka yang memiliki pengetahuan multi disipliner semacam ini biasanya kerap 'dikejar' banyak perusahaan.

Manajemen Keuangan
Bila Anda menguasai ilmu manajemen bisnis, akuntansi, investasi dan perencanaan keuangan perusahaan, maka Anda tak perlu kuatir tak mendapatkan pekerjaan. Hanya saja, Anda perlu membuktikan diri dulu.

Ilmu Kimia & Matematika
Kebutuhan pasar kerja akan sumberdaya manusia di bidang kimia, fisika, biologi ini, akan selalu tinggi dan tidak akan pernah surut. Bidang kerja yang termasuk di dalamnya misalnya apoteker, ahli pangan dan obat-obatan, peneliti, dll.

Memecahkan masalah
Mereka yang mampu mengidentifikasi berbagai masalah, mencari solusi, membuat keputusan yang efektif adalah salah satu yang paling dicari perusahaan. Dengan kemampuan itu, Anda layak menjadi bisnis administrator, konsultan manajemen, dan administrasi negara. (kcm)

feature



Erinia: hidup itu menggali hartakarun
Keringat yang menetes tak menghalangi terkembangnya sebuah senyum di bibirnya saat kami bertemu. Raut wajahnya sedikit lelah, namun ia toh tak menggubrisnya. Dari serambi Musala di yayasan social matahari, Erinia bercerita tentang idealismenya dalam mencari harata karun yang sesungguhanya.
Anak 20 tahun ini Kini ia tercatat sebagai staff  relawann pengajar diyayasan matahari .ia tinggal JL.RAJAWALI BLOK C2 NO 10 GPA BALEENDAH anak yang lahir pada 21 Juli 1992 ini pernah bersekolah di salah satu cabang pesantren gontor yang ada di Bandug.selain ia mengajar ia mempunya rumah makan padang kepemilikan orang tuanya .
Ia mempunyai cita – cita untuk berkulaih di sebuah universitas di Yogyakarta taetapi nasib belum mencatatkannya untuk ia berkuliah disana karena bnyak beberapa factor yang membeanidia salah satunya factor financial yang ayahnya hanya pemilik rumah makan padang, tetapi nasib mencatatkan namanya untuk menjadi pemegang amanah suci  untuk menjadi staff suka relawan mengajar bagai anak – anak yang kurang mampu.
Mengapa ia bgitu senang terhadap kegiatannnya saat ini? Mengapa tidak kerja apa bila kuliah masih banyak kuliah yang murah?
“Mengikuti kata hati. Saat itu bukan lagi pertimbangan-pertimbangan ribet nan memusingkan, tetapi sudah dalam tataran jiwa. tetapi memang ‘keinginan’ ada di kuliah. Jadi, itulah pilihannya,” jawab pria yang akrab dipanggil erin ini, tetapi saya sangat senag dan ikhlas mengajar tempat saya mengajar ini apabila kita lihat dari segi ekonomiemang jauh berbeda dengan bekerja tetapi saya hannya mencarai harta karun yang akan memperkaya diri saya saat di akhirat kelak.
Tiga bulan pertama saya saat lulus sekolah menengah atas saya masih labil apa sih yang saya inginkan di muka bumi ini, walau pun banyak hala hal yang mengiurkan terlebih dari sisi negative tetapi atas ketaatan saya pada allah saya turut iba terhadap orang orang sekeliling yang ada di sekitar yang tidak mampu untuk bersekolah.
Awalnya ini memang menjadi sebuah cobaan yang sangat pedihsaat saya blm bbisa melanjutkan ke kuliah seperti teman teman sebaya say,tetapi saat saya mendengar sebuah nasihat dari orang tua bahwa janganlah kamu selalu melihat ketas coba sesekali kamu melihat yang lebih bawah dari kita . saat itu lah saya termotivasi untuk lebih giat untuk mencari harta karu n yang akan saya terima nanti di akhirat.
Memang sih factor keadaan  terutama ekonomi selalu tersendat tetapi itu adalah rahasia ang maha esa ,hingga saat ini saya selalu saj rejeki dating dari mana itulah keagungan allah yang maha esa, jadi saya mempunyai sebuah masukan buat teman teman yang memiliki nasib seperti saya ialah,  yakin sama kekuatan dahsyat kita sendiri dan percaya bahwa hasilnya nanti adalah yang terbaik buat kita. Nothing to lose, istilahnya.”
“Ketika masih dalam usia anak dan remaja, jangan pernah berpikir bahwa bekerja lebih baik ketimbang belajar (sekolah). Belajar itu wajib, musti, kudu. Darimana pun jalannnya.

KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA

BAB  I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah
Waktu adalah sebuah kata yang tidak mudah untuk di definisikan, banyak yang mengaggap waktu adalah sebuah konsep yang sepele, sehingga banyak yang mengartikan waktu hanya sebagai pergantian dari detik menjadi menit, dan menit menjadi jam saja, dengan mengabaikan substansi nya.
Perbedaan memaknai konsep waktu memberikan efek yang cukup besar, hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana orang menghargai waktu. Dalam makalah ini dijelaskan mengngenai dimensi waktu dan perbedaannya, apakah waktu berpengaruh pada pembentukan sebuah kebudayaan atau justru kebudayaan yang berpengaruh terhadap pembuatan konsep waktu.Makalah ini sendiri dibuat untuk memberikan pengentahuan kepada penulis dan pembaca, untuk dapat menelaah lebih jauh dan membuat konsep waktu yang lebih baik lagi.














BAB II
PEMBAHASAN

A.    Dimensi dalam Komunikasi antar Budaya
Untuk mencari kejelasan dan mengintegrasikan berbagai konseptualisasi tentang           kebudayaan dalam konteks Komunikasi Antar-Budaya, ada tiga dimensi yang perlu diperhatikan:
1. Tingkat masyarakat kelompok budaya dari partisipan
Umumnya Dimensi pertama menunjukan bahwa istilah kebudayaan telah digunakan untuk merujuk pada macam-macam tingkat lingkupan dan kompleksitas dari organisasi sosial. Misalnya dengan pemberian title pada sebuah kelompok.
2. Konteks sosial tempat terjadinya Komunikasi Antar-Budaya
Dimensi kedua menyangkut Konteks Sosial, meliputi bisnis, organisasi, pendidikan, akulturasi imigran politik, konsultasi terapi, dan sebagainya. Komunikasi dalam semua konteks sosial tersebut pada dasarnya memilih persamaan dalam hal unsur-unsur dasar an proses komunikasi (misalnya menyangkut penyampaian, penerimaan dan pemrosesan). Tetapi adanya pengaruh kebudayaan yang tercakup dalam latarbelakang pengalaman individu membentuk pola-pola persepsi pemikiran, penggunaan pesan-pesan verbal dan non-verbal serta hubungan-hubungan antaranya.
3. Saluran yang dilalui oleh pesan-pesan Komunikasi Antar-Budaya (baik yang verbal maupun non-verbal).
Dimensi ketiga berkaitan dengan saluran komunikasi. Dimensi ini menunjukan tentang saluran apa yang dipergunakan dalam Komunikasi Antar-Budaya.
Jika dilihat konsep mengenai waktu belum masuk dalam dimensi komunikasi antar budaya yang disajikan dalam salah satu situs di internet, seperti yang disajikan diatas . Namun dimensi waktu itu sendiri dalam buku “ komunikasi antar budaya” karangan Prof Dedi Mulyana telah dibahas secara terperinci.
Merujuk pandangan di atas tidak berarti bahwa kita menerima ada kaitannya orientasi waktu dengan budaya lebih tinggi.
Contoh perbedaan konsep waktu, perspektif waktu (dahulu, masa kini, dan masa depan), dan hal mengalami waktu (menjaga waktu, perwaktuan, pengaturan kecepatan atau pacing, dan perilaku waktu atau temporal behavior-banyak dan beraneka ragam). Orientasi waktu ditentukan oleh budaya. Keperluan menengok kebelakang untuk tujuan tertentu berbeda dari kelompok budaya yang satu ke kelompok budaya yang lain.
Konsep perspektif masa lalu tampak berbeda dari budaya yang satu ke budaya yang lain, begitu pula citra masa depan. Masa depan bersifat konseptual dan prosedural-juga masa kini dan masa lalu.
Aspek penting dari dimensi waktu berkenaan dengan cara bagaimana dan sejauh mana menjaga waktu yang objektif digunakan dan bagaimana hal demikian dengan mempengaruhi kecepatan waktu (temporal pacing) dan pola-pola waktu dalam budaya tertentu .
Singkat kata konsep waktu yang dibuat berpengaruh pada pola waktu dalam sebuah budaya tertentu.
Bahaya pada identitas budaya karena ancaman pertumbuhan penjagaan waktu yang objektif di seluruh dunia: penyebaran penjagaan waktu yang objektif ke seluruh dunia sangat cepat dan terus tumbuh. Maka gerkan ini dapat dinyatakan dengan dua hipotesis;
1. Tempo objektif, bila diterima secara meluasm cenderung menghancurkan budaya yang didasarkan pada temporalitas subjektif.
2. Adopsi standar waktu objektif yang meluas cenderung menghilangkan keanekaragaman budaya (Bruneau, 1978a).
Banyak jenis waktu yang membentuk sistem waktu seseorang: waktu biologis, waktu fisiologis, waktu perceptual, waktu objektif, waktu psikologis, waktu sosial, dan waktu kultural .
Taksonomi dapat digunakan untuk menganalisis dan memelaah perilaku waktu dan lingkungan waktu dari berbagai bentuk interaksi manusia.
• Dorongan waktu
• Petunjuk waktu
• Sinyal waktu
• Perkiraan waktu
• Lambang waktu
• Kepercayaan waktu
• Motif waktu
• Penilaian waktu
• Nilai waktu


 
© 2009 JURNALIS AREA | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan